Jumat, 16 Oktober 2009

Sepuluh Rahasia Orang Paling

Sukses !

berpikir positif

Berpikir positif

Harian Investor’s Business Daily, salah satu dari 100 koran nasional terbesar di Amerika Serikat, selama bertahun-tahun telah menganalisa para pemimpin dan orang-orang sukses dari berbagai bidang. Mereka menemukan bahwa orang-orang paling sukses memiliki 10 sifat yang sama. Kesepuluh sifat ini, bila dikombinasikan, akan mengubah sasaran dan impian mereka menjadi kenyataan.

Saya yakin hal ini dapat setidaknya menjadi panduan bagi kita untuk mencapai sukses dalam setiap aspek kehidupan kita: karir, keluarga, hubungan dengan sesama, keuangan, dsb. Mari kita bahas satu per satu.

1. CARA ANDA BERPIKIR ADALAH SEGALANYA:

Senantiasa berpikir positif. Berpikir mengenai kesuksesan, bukan kegagalan. Waspadalah terhadap lingkungan yang negatif.

Orang sukses adalah orang yang optimis. Mereka selalu melihat sisi positif dari segala situasi atau masalah yang muncul dalam perjalanan mereka menuju sukses. Orang sukses percaya bahwa ada hikmah dibalik segala apapun yang terjadi dalam hidup mereka.

Orang sukses memiliki keinginan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Sementara pecundang biasanya tidak memiliki keinginan apapun. Orang sukses yakin bahwa mereka ditakdirkan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Pecundang biasanya menerima kehidupan mereka sebagaimana adanya.

Terlebih lagi, dengan berpikir positif, Anda akan belajar dari segala kejadian yang menimpa Anda, baik atau buruk. Kita akan lebih banyak memetik pelajaran dari masalah dan kegagalan, dibanding kesuksesan. Dan kita hanya dapat melakukan ini bila kita berpikir positif. Apa manfaat dan pelajaran yang bisa kita petik dibalik sebuah peristiwa? Apa yang harus kita lakukan agar hal ini tidak terulang kembali di kemudian hari? Dapatkan jawabannya, dan lanjutkan perjalanan ke arah sukses yang kita kehendaki.

2. TETAPKAN TUJUAN DAN IMPIAN:

Tulislah tujuan Anda secara spesifik, dan kembangkan sebuah rencana untuk mencapainya.

Norman Vincent Peale berkata, “Bila Anda hendak menuju ke suatu tempat, Anda harus tahu hendak ke mana dan bagaimana menuju ke sana.”

Kita butuh “kompas” sebelum membutuhkan “jam”. Maksudnya, sebelum kita bisa mengatur waktu kita (jam), kita terlebih dahulu harus tahu hendak ke mana, apa prioritas dan tujuan kita, dan ke mana arah kita melangkah (kompas). Kemana Anda hendak melangkah jauh lebih penting dibanding seberapa cepat Anda dapat mencapainya.

Bila Anda telah menetapkan tujuan Anda, ambillah secarik kertas dan tulislah. Tujuan/sasaran hidup yang Anda tulis memiliki kekuatan untuk mewujudkan diri. Hal-hal yang tadinya tidak bisa menjadi BISA. IMPIAN menjadi RENCANA, dan rencana menjadi KENYATAAN. Ada pepatah dalam bahasa Inggris yang mengatakan, “Don’t just think it – ink it!” (Jangan hanya memikirkannya. Tuliskanlah!)

Jadi, tuliskanlah tujuan Anda secara spesifik. Akan lebih baik lagi bila Anda mencetaknya dan menempelkannya di beberapa tempat, seperti di monitor komputer, di cermin di kamar mandi, dsb. Bacalah setiap hari, khususnya di pagi hari sebelum memulai aktifitas, dan di malam hari sebelum Anda tidur. Ini akan membuat perhatian Anda senantiasa mengarah pada tujuan Anda. Gary Zukav mengatakan, “Kemana perhatian Anda mengarah, ke situlah Anda akan pergi.”

3. BERTINDAKLAH:

Tujuan tidak ada artinya tanpa ada tindakan. Jangan takut untuk memulai sekarang. Lakukanlah

Saya hendak mengutip kata-kata yang begitu bagus dari Og Mandino, “Impianku tidak ada gunanya. Rencanaku hanyalah debu yang mudah tertiup angin. Tujuanku tidak mungkin tercapai. Semuanya tidak ada gunanya, kecuali mereka diikuti oleh adanya Tindakan. Saya akan bertindak sekarang.”

Tindakan adalah kuncinya. Tidak akan ada yang terjadi hingga Anda mengambil tindakan. Impian sebesar apapun hanya akan menjadi mimpi di siang bolong bila tidak diikuti dengan tindakan.

Setelah mengambil tindakan, apapun yang terjadi, JANGAN MENYERAH! Halangan akan selalu ada dalam proses Anda mengambil tindakan. Yang penting, jangan menyerah!

4. JANGAN BERHENTI BELAJAR:

Kembalilah ke sekolah atau baca buku. Ambillah program pelatihan dan tingkatkan ketrampilan.

Anda tidak butuh gelar MBA atau PhD untuk mencapai hidup yang sukses. Pada kenyataannya, banyak orang-orang sukses yang bahkan tidak menyelesaikan pendidikan formal mereka.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sebagian besar orang-orang yang sukses memiliki tingkat inteligensi yang biasa saja. Tapi mereka berhasil menggali potensi maksimal dalam diri mereka, dan mencapai tujuan mereka dalam kehidupan pribadi dan keuangan, karena mereka TIDAK BERHENTI BELAJAR. Untuk mencapai sukses, Anda harus terus menerus bertanya, senantiasa penasaran dan tertarik dengan hal-hal dan pengetahuan baru.

Kemauan belajar ini menjadi lebih penting lagi di masa sekarang, dimana terjadi perubahan yang sangat cepat dalam teknologi dan bisnis.

Rahasia sukses berikutnya akan kami sampaikan dalam edisi newsletter kami berikutnya. Pastikan diri Anda tidak melewatkannya.

Salam Sukses,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar